Sejarah Singkat Komputer

Komputer berasal dari bahasa Inggris to compute yang berarti menghitung. Dapat dikatakan bahwa komputer adalah alat yang dipakai untuk mengelolah data, sesuai dengan instruksi yang diberikan. Dewasa ini, komputer digunakan tidak hanya untuk mengelolah data yang berhubungan dengan aritmatika tapi juga digunakan untuk kepentingan yang sama sekali tidak berhubungan dengan perhitungan. Secara luas komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat mengelolah data mentah sehingga dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Dengan terjadinya perang dunia kedua, maka negara-negara yang ikut terlibat di dalamnya senantiasa mengembangkan komputer untuk mendapatkan potensi strategis. Adalah seorang insinyur Havard yang bekerja di IBM berhasil membuat sebuah kalkulator elektronik dengan ukuran setengah lapangan bola. Kalkulator ini hanya dapat mengeksekusi perintah-perintah dasar matematika dan kecepatannya lambat karena dalam sekali bekerja membutuhkan waktu hingga 3 – 5 detik. Perkembangan komputer lain adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

Dari generasi ke generasi komputer terus mengalami perkembangan baik itu dari segi ukuran, kecepatan, kapasitas dan tentunya kwalitas. Sampai saat ini, kompter telah mengalami lima tahapan perkembangan genarasi, yaitu :

  1. Generasi Pertama, dimana komputer masih terdiri dari tube vakum dan silinder magnetic yang menyebabkan ukuran komputer pada masa itu sangat besar.
  2. Generasi Kedua, tube vakum yang sebelumnya digunakan digantikan oleh transistor.
  3. Generasi Ketiga, ukuran komputer berubah (dari ukuran besar hingga ukuran kecil) yang disebabkan karena komponen-komponen penyusun dipadatkan dalam satu chip atau yang biasa juga disebut IC (Integrated Circiut).
  4. Generasi Keempat, komputer yang awalnya hanya digunakan pada perusahaan besar mulai disebar luaskan penggunaannya pada masyarakat luas.
  5. Generasi Kelima, komputer pada generasi ini sangat sulit didefinisikan sebab masih sangat muda.
About these ads

14 Tanggapan to “Sejarah Singkat Komputer”

  1. ok sip info ne sngt berguna bg saya yg awam dg pc thanks ea bro. sukses

  2. q menanggapi point ke 5: menurut q generasi ke 5 merupakan generasi yg murah meriah, bayangin aja dg harga segitu kita dah dpt pc yg cukup canggih n ne jg berkat hasil kerja keras orang china….kita pasti bisa sprti mereka ..ea tu koment q

  3. ass. maaf sebelumnya saya copas artikel ini ya untuk tugas sekolah dan untuk blog saya. cek disini http://nonasanstory.blogspot.com/2011/08/sejarah-singkat-komputer.html ,
    terimakasih .

  4. […] Generasi Kelima, komputer pada generasi ini sangat sulit didefinisikan sebab masih sangat muda.(sumber) […]

  5. wah, bermanfaat sekali..
    Aku tunggu Artikel yang terbaru…
    trimakasih sebelumnya…

  6. all right !! :)) mksia ..
    infonya pas bngeet bagi saya yg masih awam, ‘tuk tugas skolah.. :D

  7. Anton lusi Says:

    Thanks ya krna sesudah baca sejarahnya,,,saya bisa buat makalah

  8. thank ats isi tntang sjarah komputer yng tlah mmbantu mngerjkan tgas KKPI

  9. bagus juga blog ini bisa buat belajar juga

  10. Risna Ulfadwiyanti Says:

    Thax…

  11. ok info ini berguna utk ku utk tgs sklh,makasih

  12. Izin Copas yaa,,buat tugas sekolah :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: